Alasan KPK Pusatkan Peringatan Hari Antikorupsi di Yogyakarta

Detik.com, 09/12/2014

Yogyakarta - Pusat kegiatan untuk Hari Anti Korupsi Internasional‎ yang digelar KPK hari ini dipusatkan di Yogyakarta. Mengapa KPK memilih Yogyakarta?

‎"Kenapa di Yogyakarta, jadi memang tahun 2014 KPK merayakan hari Antikorupsi Sedunia, untuk pertama kali di luar Jakarta," ujar Johan.

Hal ini disampaikan Johan di Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Selasa (9/12/2014).

"Karena di Yogyakarta, indeks integritasnya yang tertinggi tahun ini, Yogyakarta memperoleh skor tertinggi pada tahun ini," imbuhnya.

Terdapat sejumlah rangkaian acara yang digelar di antaranya sarasehan budaya, kirab budaya dengan berkolaborasi dengan budayawan Yogyakarta, seminar, dan kuliah umum oleh Presiden RI Joko Widodo.

Tahun ini KPK juga melakukan pilot project di sebuah Kampung di Kota Gede. Proyek ini dilakukan untuk melihat konsep penanaman nilai antikorupsi di level keluarga.

"Tema acara tahun ini Indonesia Berintegritas," kata Johan.

"Jogja hanya menjadi simbol, tapi tujuannya untuk seluruh Indonesia," tegasnya.

Sejumlah tokoh tampak hadir di acara pagi ini di antaranya tampak Wali Kota Surabaya Risma, dan Mantan Ketua KPK Chandra Hamzah yang sudah hadir di GSP UGM.‎ Para pimpinan KPK seperti Abraham Samad dan Bambang Widjojanto juga telah berada di lokasi.

Sumber : Detik.com