Pelayanan BKPMD Sulsel Jadi Percontohan KPK

tribunnews.com 29/08/2014

MAKASSAR - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Provinsi Sulsel mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan PTSP BKPMD Provinsi Sulsel jadi pilot project atau percontohhan sistim pelayanan publik di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Pemprov Sulsel dengan SIPS (Support to Indonesia's Island of Integrity for Sulawesi) yang merupakan pendamping dan mitra KPK untuk pengawasan pelayanan publik di Indonesia, akhir pekan lalu.

Fungsionaris Direktorat Litbang KPK Lutfi Gonna Sukardi menyebutkan dipilihnya PTSP BKPMD Sulsel karena memiliki integritas dalam penerapan pelayanan prima yang ideal.

"Makanya ini dijadikan pilot project untuk KPK," kata Lutfi.

Luthfi menjelaskann, dengan sistim satu pintu itu, akuntabilitas dan pencegahan praktik korupsi bisa diimplementasikan. 

Dalam kesempatan itu, Lutfi Gonna juga menyampaikan Selamat kepada BKPMD Sulsel atas Penghargaaan dari ORI (Ombudgmen Republik Indonesia) atas pelayanan PTSP BKPMD yang mampu memberikan pelayanan prima dan traansparansi serta akuntabel.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Sulsel, Irman Yasin Limpo menyebutkan PTSP BKPMD sejak diterapkan telah melayani seratusan izin usaha dengan dibalut sistem pelayanan prima.  Ia menambahkan, dengan sistem PTSP seperti ini akan meminimalisir atau Bahkan menghilangkan praktik korupsi.

"Dengan sistem PTSP ini, akuntabilitas pelayanan dan transpaaransi bisa berjalan," kata Irman, Senin (29/8).

Sumber : tribunnews.com