Dukcapil Terapkan SIPS

Dukcapil terapkan SIPS

upeks.co.id, 02/09/2014

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar terus memaksimalkan tugas dan fungsi, utamanya dalam memberikan pelayanan kependudukan dan catatan sipil kepada seluruh warga Kota Makassar. Untuk itu, Dukcapil menerapkan Support to Indonesia's Island of Integrity Program for Sulawesi (SIPS). Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Nielma Palamba, Selasa (2/9) mengatakan, program itu berasal dari Foreign Affairs, Trade and Development Canada (Canadian International Development Agency/CIDA) yang menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tidak boleh lagi ada dan kita harus hindari transaksional warga dengan pejabat, baik itu kepala dinas, kepala bagian, dan seluruh pegawai disini dengan warga, makanya kita terapkan program SIPS ini. Program ini dikerjasamakan dengan CIDA dan KPK," jelasnya. Menurut Nielma, program SIPS ini baru diterapkan di empat kabupaten/kota di Sulsel. Selain Makassar, terdapat juga Kabupaten Tana Toraja, Enrekang, dan Kabupaten Pinrang yang mengaplikasikan program ini. Serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk Unit Layanan Pengadaan. "Program SIPS ini, menyangkut perizinan, catatan sipil, dan pengadaan. Program ini sudah memenuhi standar internasional untuk bentuk layout kantor dan layanan.

Contohnya, ruangan kepala dinas tidak boleh lagi terbuka atau berhadapan langsung dengan ruang layanan," terangnya. Nielma juga mengakui, dalam satu pekan terakhir ini, warga yang mengurus KTP Elektronik (e-KTP) mengalami peningkatan. "Iya, ada peningkatan pengurusan dan pembuataan e-KTP dalam satu pekan terakhir ini sejak adanya pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Biasanya, cuman dua hingga lima orang per hari, sementara sekarang harus mengantri panjang," ujarnya. "Kita himbau warga untuk mengurus e-KTP di sini (Dukcapil, Red) tanpa dipungut biaya. Hanya membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) dan foto copi KTP konvensional. Kita imbau juga warga yang baru bermukim di Makassar segera mengurus surat pindah agar memudahkan dalam pendataan," tambahnya. (mg02/ris)

Sumber : Ujung Pandang Ekspres