MAGANG PADA UNIT PELAYANAN PENGADAAN (ULP) PROVINSI JAWA BARAT

bappeda.makassarkota.go.id, 25/02/2014

Makassar - Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjalin kerjasama dengan lambaga donor yang dapat memberikan pendampingan. Kerjasama dengan lembaga donor yang dilakukan oleh Pemkota Kota Makassar diantaranya adalah dengan SIPS (Support to Indonesia’s Islands of Integrity Program for Sulawesi) dari CIDA Canada. SIPS Porject memfokuskan pada 3 layanan publik, yaitu:

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Pelayanan Perizinan Terpadu.

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ) adalah salah satu sector dengan tingkat korupsi sangat tinggi di Indonesia, beberapa hasil penelitian menempatkan PBJ sebagai ladang subur korupsi. Country Procurement Assessment Report (CPAR) dalam laporannya bahwa kebocoran dalam pengadaan barang/jasa pemerintah berkisar antara 10-50 persen. Hal ini makin diperkuat dengan kasus yang di tangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar 70% lebih kasus yang ditangani KPK adalah kasus dalam PBJ. Perintah paham benar situasi korupsi di PBJ sehingga langkah-langkah strategis telah dilakukan diantaranya, perubahan regulasi pengadaan barang/jasa yaitu Perpres 54/2010 dan terakhir diubah menjadi perpres 70 tahun 2012. Beberapa Hal yang diatur dalam Perpres tersebut adalah : Pertama, menerapkan kebijakan pengadaan barang/jasa secara elektronik atau (Layanan Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik (LPSE); dan Kedua, Pembentukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) barang/jasa dengan fungsi utama adalah pelaksanaan PBJ pada KLDI.

Agenda awal dari SIPS project dalam peningkatan pelayanan pada locus PBJ ini adalah assessment situasi PBJ pada Pemerintah Kota Makassar, dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang memiliki PBJ yang cukup maju. Dalam upaya meningkatkan kapasitas personil ULP Kota Makassar, SIPS Project melaksanakan kegiatan magang ke ULP Provinsi Jawa Barat ytang dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 25 Februari s/d 1 Maret 2014. Magang dalam Operasionalisasi ULP bagi aparat Pemkot Makassar ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman sesungguhnya bagi staf kunci yang nantinya akan ditempatkan pada ULP Kota Makassar, serta meningkatkan pengetahunan dan keterampilan PBJ personil ULP Kota Makassar.

Sumber