Lokakarya OMS

Dalam menjalankan dan melakukan kegiatan di setiap sektor/SKPD terkait, Proyek SIPS melibatkan komponen yang sangat vital sebagai penyeimbang dan katalisator perubahan dalam pelayanan publik dengan memasukkan perwakilan OMS ke dalam Kelompok Kerja dan Gugus Tugas di masing-masing Propinsi dan Kabupaten Kota sasaran proyek ini. Setelah berjalan kurang lebih 3.5 tahun, dan melihat perlunya di adakan penyegaran untuk tugas dan fungsi dari setiap OMS dalam Pokja dan Gugus Tugas, maka pada tanggal 26 – 27 Januari 2015 telah diadakan satu pertemuan untuk melihat kembali dan menyusun rencana tindak lanjut dari elemen OMS di sisa waktu ke depan sampai proyek ini di serahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah setempat.

 

Kegiatan Pertemuan dan Penyegaran OMS Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan di Hotel Novotel Kairagi Manado, dihadiri oleh 18 anggota OMS yang berasal dari Manado, Minahasa, Bitung, Kepulauan Sangihe dan Provinsi. Kegiatan ini difasilitasi oleh Bapak Jusuf Kalengkongan sebagai konsultan OMS dan menghadirkan tiga narasumber. Narasumber yang pertama adalah Bapak DR. Rignolda Djamaluddin (Yayasan Kelola Manado), yang membahas mengenai pengalaman kemitraan OMS dengan Pemerintah. Narasumber yang kedua berasal dari Lembaga Pemantau Independen PBJ Makassar, yaitu Bapak Alim Israk, membahas pengalaman Monitoring Kinerja Pemerintah melalui Social Accountability Tools. Narasumber yang terakhir adalah Bapak Armin Salassa, yang menginspirasi lewat cerita pengalaman Organisasi Sosial Masyarakat yang berkelanjutan.

Kegiatan yang dibuka oleh Project Officer SIPS Manado, Bapak Abdul Naser, juga membahas mengenai Perbaikan Layanan Publik, strategi Advokasi dan Kemitraan dengan Pemerintah. Bagian akhir dari kegiatan ini adalah penyusunan Rencana Tindak Lanjut OMS, termasuk perencanaan untuk Pertemuan Publik di setiap daerah.