Walikota Manado Izinkan SKPD Terima Outsorching

Jurnal,Manado - Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut bersama Direktur Support to Indonesia’s Islands of Integrity Program for Sulawesi (SIPS) Project, Mr Peter F. Walton melakukan peresmian gedung Baru Pelayanan Publik, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Kantor Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) untuk Kota Manado. 

Dalam sambutannya Lumentut mengatakan, Kota Manado adalah salah satu dari Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) yakni Minahasa,Bitung,Sangihe serta Provinsi Sulut sendiri yang menjadi tempat pelaksanaan Program SIPS.

Menurutnya, program SIPS ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Canada dengan Pemerintah Indonesia melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang bertujuan untuk melakukan pencegahan terhadap praktik-praktik korupsi dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pelayanan publik.
“Pada prinsipnya pelaksaan program SIPS ini guna mencegah terjadinya praktek korupsi pada pelaksanaan pelayanan publik dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas agar tercipta pelayanan yang maksimal bersih dan bebas dari praktek korupsi,”kata Lumentut.
Meski demikian, Ia mengingatkan bahwa tak ada gunanya dengan infrastruktur yang bagus tapi tidak didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola berpikir (Mindset) yang maju.
Selain itu juga Walikota mengakui jika tenaga PNS masih kurang dalam pelayanan, untuk itu ia menghimbau kepada SKPD yang membutuhkan tenaga agar merekrut tenaga kerja dengan sistim outsorching.
 “Silahkan bagi SKPD Pemkot untuk membuka kesempatan guna merekrut tenaga baru yang bisa di berikan pelatihan, agar pelayanan public di Pemkot Manado bisa ditingkatkan,” ujar Lumentut.
Walikota juga mengatakan jika peresmian ini adalah akhir pendampingan program SIPS, namun diharapkan Lumentut agar pihak SIPS bisa memonitor bagaimana pelayanan yang dilakukan oleh Pemkot Manado setelah adanya program SIPS itu.
Turut hadir dalam acara peresmian, Wakil Walikota Manado, DR Harley AB Mangindaan, jajaran Kepala SKPD Dinas, Badan Bagian Pemkot Manado serta para undangan lainnya.(luq)