RAKOR SIPS UNGKAP BEST PRACTICE PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN/KOTA

 

MANADO—Ada banyak praktik pengalaman berharga (best practices) yang bisa menjadi contoh dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan pencegahan korupsi melalui pelaksanaan SIPS di Sulut dan empat kabupaten/kota yang ada di daerah ini. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi SIPS (Support to Indonesia’s Islands of Integrity Program for Sulawesi) yang berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula, Kamis (4/12).

Rakor SIPS ini dibuka Gubernur Sulut yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Drs. Sanny Parengkuan. Pada kesempatan itu, hadir para pimpinan daerah yang menjadi lokasi project SIPS, yaitu Bupati Minahasa Jantje Sajow, Bupati Kepulauan Sangihe HR Makagansa, dan Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan. Selain itu, hadir pula Inspektorat dari provinsi dan kabupaten/kota, Kadis Dispendukcapil kabupaten/kota, kepala BP2T/KPPT provinsi dan kabupaten/kota, kepala LPSE provinsi dan kabupaten/kota, kepala ULP provinsi dan kabupaten/kota, serta unsur LSM/OMS dari gugus tugas dan pokja proyek SIPS. Dari Kedubes Kanada, hadir Sebagai perwakilan pemerintah Kanada hadir Jeffry Ong dari Kedubes Kanada di Indonesia, juga hadir Direktur SIPS Peter F. Walton, dan Project Officer SIPS Manado Abdul Naser.

Ketika memberikan penjelasan Peter Walton mengatakan tujuan rakor ini, di antaranya untuk mendapatkan informasi dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota berkaitan dengan keluaran implementasi kegiatan dukungan SIPS terhadap sektor layanan publik. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meninjau praktik pengalaman berharga  berkaitan (best practices) terkait perubahan manajemen dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta mendapatkan contoh nyata terkait dampak proyek SIPS terhadap peningkatan pelayan publik pada sektor PBJ, Admindukcapil dan Perizinan.

Berbagai informasi dan pengalaman berharga ini disampaikan langsung oleh para pimpinan daerah di hadapan forum. Dan setiap kabupaten/kota menyampaikan berbagai terobosan sekaligus saling belajar dan berbagi pengalaman dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, sekaligus mencegah peluang terjadinya korupsi. ‘’Yang terpenting, semua pengalaman dan keberhasilan melalui program SIPS, bisa direplikasikan atau diadaptasikan ke satuan kerja lain di setiap daerah, serta bisa menjadi contoh di kabupaten/kota lain,’’ kata Abdul Naser yang menjadi moderator sesi ini.

Selain rakor dilaksanakan pula seminar Implementasi Pelayanan Publik yang Prima pada Sektor Pengadaan Barang/Jasa, Admindukcapil, dan Perizinan dibandingkan dengan Pelayanan Prima pada Sektor Swasta. Pada seminar ini dihadiri panelis dari Bank Mandiri Manado, Kepala KPPT Sangihe, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bitung, dan Kepala Dinas Disdukcapil Manado. (roma/*)




Sumber Berita: www.mymanado.com


http://mymanado.com/berita-rakor-sips-ungkap-best-practices-pelayanan-publik-di-kabupatenkota.html#ixzz3QjoA41KR