Festival Anti Korupsi 2014

Festival Anti Korupsi 2014

Pada Selasa-Kamis, 9-11 Desember 2014 akan berlangsung acara Festival Anti Korupsi 2014. Acara ini merupakan kegiatan tahunan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak tahun 2006 dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya. Di tahun 2014 ini Festival Anti Korupsi mengusung tema “Menuju Indonesia Berintegritas”. Acara akan diselenggarakan di Yogyakarta dengan konsentrasi dipusatkan di Grha Sabha Pramana, Kampus Universitas Gajah Mada (UGM).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Keuangan juga ikut berpartisipasi dalam Festival Anti Korupsi tersebut. Pada tahun 2013 lalu, Kementerian Keuangan berhasil meraih penghargaan sebagai Stand Terbaik Pertama yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta. Saat itu Kementerian Keuangan mengungguli Bank Mandiri dan Kompas yang berada di posisi kedua dan ketiga. Dalam keikutsertaannya, Kementerian Keuangan mendukung penyelenggaraan Festival Anti Korupsi sebagai wujud gerakan anti korupsi. Hal ini adalah bagian dari soft campaign bagi semua lapisan masyarakat untuk bergabung bersama-sama memerangi korupsi.

Di Festival Anti Korupsi 2014, kali ini Kementerian Keuangan akan berpartisipasi dengan menyelenggarakan Lelang Barang Gratifikasi, Layanan Perpajakan, Mobile KPPN, Trivia Quiz, Atraksi unit K-9 Bea dan Cukai, Simulasi Aplikasi Wise dan aplikasi-aplikasi lainnya. Selain itu, akan tersedia pula Klinik Beasiswa LPDP dan talkshow di kanal KPK dan panggung utama dengan tema “Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan sebagai Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Kemenkeu”.

Untuk menambah kemeriahan dalam acara Festival Anti Korupsi ini juga akan ada penampilan dari Gamelan Mben Surup, Parian Penyambutan dan Angklung Mustika, Paduan Suara UGM, acara Penerimaan Penghargaan dan Komitmen Gratifikasi dari KPK, dan performance Anjing Pelacak di akhir acara tanggal 11 Desember nanti. Acara ini akan dibuka dengan sambutan dari Ketua KPK, Abraham Samad.

Bagi yang sedang berada di luar Yogyakarta dan ingin menyaksikan acara tersebut, Kementerian Keuangan menyiapkan live streaming melalui link http://www.kemenkeu.go.id/Videonews/livestreaming.

 

Sumber : regional.kompasiana.com